Kamis, 20 Oktober 2016

VPS /Virtual Private Server

VPS ( Virtual Privat Server ) adalah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Secara sederhana kita dapat membayangkan bahwa VPS itu sama seperti saat kita menjalankan sebuah Sistem Operasi menggunakan VirtualBox ataupun VMWare di komputer kita.

*VirtualBox /VMWare
 : Aplikasi yang di gunakan untuk menginstal suatu OS atau aplikasi lain yang ada dalam PC/Laptop kita.

Intinya agan punya komputer (CPU) tetapi lokasinya bukan di rumah agan tetapi mungkin di Cina /Amerika /dimana tempat Komputer ( CPU ) itu di sewakan dengan Spesifikasi yang sesuai dengan ketentuan saat pembelian ( Penyewaan )
 

Kita dapat mengendalikannya dengan Remote Access Dekstrop /biasa di sebut pengendali jarak jauh, dengan menggunakan aplikasi seperti Putty untuk windows dan Terminal untuk Linux

Fungsi VPS:
 

  • VPS memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan, diataranya adalah: 
  • Sebagai web server untuk menjalankan website, blog, e-commerce, dan lain sebagainya. 
  • Sebagai file server atau storage server dimana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http. 
  • Sebagai server remote desktop, dimana kita bisa mendownload dan mengupload file secara remote, menjalankan aplikasi forex, bot/ robot & automation, spinner. 
  • Sebagai host server untuk VPN dan Tunneling. 
  • Dan masih banyak fungsi lainnya yang dapat diterapkan di VPS misalnya Rapidleech, Torrentleech, DNS Name Server, Proxy Server, dan lain-lain 
VPS juga dapat di artikan sebagai sebuah metode untik mempartisi atau membagi sumber daya / resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama).
Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpananan.
 

Penyewaan VPS terdiri dari 2 Macam,
 

  1. VPS Managed : Server kosong /hanya diberi IP, root dan password, 
  2. VPS Unmanaged : Suda terinstal OS Linux atau Windows atau yg lainnya, sesuai dengan hosting
Itulah penjelasan yang sudah saya ringkas ringkasnya dari bebagai sumber ( pemikiran, guru, dan blog lain ) agar kalian mengerti semengertinya tentang apa itu VPS dan fungsinya.

Selanjutnya Kalian harus tau juga VPN /SSH


  1. VPS ( Now Read )
  2. VPN ( Coming Soon )
  3. SSH, klik to read 

1 komentar: